Minggu, 10 Maret 2013

Tips Singkat Memilih Hosting

Memilih web hosting sekilas terkesan mudah. Kita dapat mencarinya di google cukup dengan keyword “hosting murah”, anda pasti akan mendapatkan daftar penyedia jasa hosting. Tapi begitu kita melihat satu per satu, mungkin kita menjadi bingung, karena semuanya tampak bagus dan menjanjikan. Ada beberapa faktor yang harus menjadi pertimbangan saat memilih hosting :
  1. Kualitas server dan jaringanIni merupakan faktor penting, karena anda tentu tidak ingin website anda tiba-tiba tidak bisa diakses untuk beberapa waktu. Banyak faktor yang mempengaruhi ini yaitu kualitas server yang digunakan, konfigurasi, hingga keamanannya. Memang tidak mudah untuk mengetahuinya, tapi kita bisa mencari tahu dari orang lain yang sudah menggunakannya. Anda bisa mencari informasinya di Internet.
  2. Fasilitas yang disediakanKemudahan dan kenyamanan mengakses hosting akan sangat membantu anda dalam mengelola website. Fitur-fitur yang lengkap akan memungkinkan anda untuk membuat website dengan lancar. Jika ada software atau aplikasi yang ingin anda gunakan namun tidak didukung, tentunya bisa merepotkan.
  3. Pelayanan (Support)Pelayanan dari sebuah perusahaan hosting sangat diperlukan. Meskipun kita dengan mudah dapat mengakses hosting kita, membuat website, hal-hal lainnya tanpa masalah, namun bukan berarti semuanya akan selalu lancar. Suatu saat mungkin ada hal atau masalah yang mengganggu anda dan anda membutuhkan jawaban yang cepat. Oleh sebab itu respon yang cepat dari penyedia jasa hosting sangat diperlukan.
  4. HargaMungkin anda berkata “ada harga ada kualitas”. Saya akui itu ada benarnya, tapi bukan berarti juga kita tidak boleh membandingkan harga dari penyedia jasa hosting. Tidak semua yang lebih murah pasti lebih buruk kualitasnya. Anda bisa membandingkannya harga dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Saya sarankan jangan mencari hosting dengan harga murah yang tidak masuk akal. Kebanyakan penyedia jasa hosting juga memberikan penawaran dalam bentuk tahunan. Itu berarti anda harus mempersiapkan bayaran untuk sewa hosting per tahun. Jika modal anda belum mencukupi, anda bisa mencari hosting yang menyediakan jasa sewa bulanan.
  5. KeamananWebsite aman dan lancar tentunya akan menyenangkan. Seorang teman saya menyewa jasa hosting yang cukup terkenal namun beberapa kali hosting tersebut kena hack, sehingga websitenya harus ditutup beberapa waktu. Tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi bukan. Saya tidak mengatakan bahwa keamanan hosting harus 100%, tapi setidaknya kita memiliki informasi tentang kualitasnya.
  6. Lokasi hostingAnda ingin membuka toko online dengan pasar Indonesia, maka carilah hosting di Indonesia, tapi jika anda menargetkan pasar luar negeri atau Internasional, maka carilah hosting di luar sesuai negara target utama anda. Ini bertujuan agar target yang anda tuju, akan lebih mudah dan cepat untuk mengakses website anda.
Dibalik semua ini, saran terpenting sebelum memilih hosting, cobalah cari informasi baik itu secara langsung ataupun melalui internet baik melalui website-website yang melakukan review, ataupun forum-forum internet yang membahas tentang hosting. Cukup banyak informasi yang bisa anda peroleh.

0 komentar:

Posting Komentar