Kamis, 14 Maret 2013

Memilih Lokasi Hosting dan Domain

Anda yang sering surfing internet kemungkinan sudah mengetahui apa yang disebut dengan “domain”. Domain adalah nama identitas unik yang diberikan untuk mengenali server komputer seperti server website ataupun email. Nama ini diberikan untuk mempermudah mengenali sebuah alamat website. Nama asli sebuah website sebenarnya berupa angka-angka atau yang dikenal dengan alamat IP (IP Address).
Contoh nama domain :  www.loiscollection.com. loiscollection.com inilah yang disebut dengan nama domain. Bagaimana cara mendapatkannya? Saat ini tersedia banyak sekali penyedia jasa nama domain baik itu di Indonesia maupun di luar negeri.
Ketika ingin memiliki atau membuat sebuah website di internet, ada dua hal yang perlu anda beli atau sewa terlebih dahulu yaitu domain dan hosting. Hosting merupakan lokasi server anda atau tempat penyimpanan data-data website anda. Tempat penyewaan hosting juga tersedia di dalam dan luar negeri.

Jika domain dan hosting tersedia di dalam dan luar negeri, manakah yang lebih baik? Apakah kita harus menyewa domain dan hosting di luar negeri atau dalam negeri?
Bagi anda yang ingin membangun website dengan target pembaca dalam negeri, maka adalah baik jika memilih hosting di dalam negeri. Tapi jika target pembaca anda adalah luar negeri, maka yang terbaik adalah melakukan hosting di luar negeri.

Bukankah sebuah website bisa diakses dari mana saja di seluruh dunia? Mengapa harus disesuaikan dengan target pembaca?
Memang benar, sebuah website bisa diakses dari mana saja diseluruh dunia, asalkan terkoneksi dengan internet. Tetapi ini ada hubungannya dengan kecepatan akses atau membuka website. Jika anda menargetkan pembaca dari luar negeri dan hosting anda berada di Indonesia, maka ketika ada orang yang ingin membuka website anda dari luar negeri, akan butuh waktu lebih lama untuk membuka website anda. Ini disebabkan transfer data yang membutuhkan jarak lebih jauh, dan pengaruh dari perbedaan kecepatan transfer di masing-masing negara. Demikian juga yang terjadi sebaliknya, jika anda ingin membuka website-website luar negeri. Saya tidak mengatakan bahwa ketika anda membuka website di luar negeri pasti akan terus-terusan lambat aksesnya, hanya saja ada kemungkinan seperti itu yang terjadi. Jika koneksi internet antar negara mengalami gangguan, maka kesuliatn akses akan muncul kembali. Jadi ada baiknya lokasi hosting disesuaikan dengan target pembaca anda.

Bagaimana dengan domain, apakah harus disesuaikan juga?
Domain memiliki sedikit perbedaan. Ketika membuka sebuah website, yang anda ketikkan di browser adalah nama domain website yang dituju. Sistem internet akan mulai mencari apakah nama domain yang dituju benar-benar ada. Jika ditemukan maka selanjutnya adalah menampilkan isi website dari server hosting. Secara umum, nama domain tidak mempengaruhi kecepatan akses, karena ia hanya berfungsi sebagai identitas pengenal saja.

Saya memiliki beberapa website dengan target pembaca dalam dan luar negeri. Untuk hosting, saya menyesuaikan dengan target pembaca saya. Jika target pembaca orang Amerika dan Eropa, saya menyewa hosting di negara tersebut. Jika target pembaca saya di Indonesia, maka saya menyewa hosting di Indonesia.

Untuk nama domain, saya menyewa nama domain tidak terlalu terpengaruh dengan lokasi. Untuk hosting saya di Indonesia, saya memiliki nama domain dari Indonesia ataupun dari luar. Meskipun berbeda negara antara hosting dan domain, namun akses ke website saya tidak ada masalah. Alasan saya menyewa domain di luar negeri adalah karena harga sewanya yang lebih murah. Jadi untuk nama domain, anda tidak perlu kuatir menyewa dari Indonesia maupun luar negeri.

Bagaimana cara menyewa hosting dan domain di luar negeri?
Anda tentunya tahu bahwa untuk menyewa hosting maupun domain di Indonesia dapat dilakukan melaui internet, yaitu dengan mengakses website penyedia layanan hosting dan domain, salah satunya yang pernah saya bahas adalah Jagoan Hosting. Untuk lokasi luar negeri, caranya juga sama, yaitu dengan mengakses website penyedia layanan hosting dan domain ini. Contohnya Host Gator dan Bluehost, keduanya dikenal sebagai penyedia jasa hosting yang cukup handal dan dapat dipercaya. Untuk penyedia jasa nama domain, di Indonesia, anda dapat mendaftar di Jagoan Hosting, sedangkan untuk penyedia jasa nama domain di luar negeri, yang cukup terpercaya dan murah adalah Name Cheap. Khusus untuk Name Cheap, anda bisa mencari kode Voucher yang akan memberikan diskon untuk pendaftaran nama domain pertama kali. Kode Voucher ini berubah setiap bulannya. Anda dapat mencarinya melalui Google dengan mengetikkan “Name Cheap Voucher”.

0 komentar:

Posting Komentar