Rabu, 13 Maret 2013

Masalah Ink Pads Pada Epson L200

Hari masih pagi ketika saya ingin mencetak dokumen di Epson L200. Printer tidak mau mencetak dan muncul pesan error "The printer's ink pads are at the end of their service life. Please contact Epson support”. Wah.., pagi-pagi sudah ada masalah. Apa itu ink pads? Mungkin itu tempat pembuangan tinta, tapi dimana lokasinya. Saya agak bingung karena belum pernah menghadapi masalah seperti ini sebelumnya.

Saya coba cari informasi di mbah google dengan keyword “ink pads Epson L200”. Yang keluar semua membahas masalah mereset pembuangan tinta. Saya coba buka beberapa situs yang membahasnya, ternyata memang benar, inilah masalah yang saya hadapi. Ternyata ada perhitungan berapa kali pembuangan tinta ini bisa digunakan. Saya pun menemukan lokasi ink pads tersebut yaitu di sebuah tutup kecil bagian belakang Epson L200. Saya buka dan lihat, sepertinya masih bisa digunakan, hanya saya counternya yang menganggap sudah harus diganti.

Di website lain, ternyata ada yang menyediakan sebuah program yang bisa mereset counter untuk ink pads ini. Ada yang menjualnya seharga sekitar $19. Cukup mahal pikir saya, saya akan cari yang gratisan saja. Dan dari sebuah website saya mendapatkan yang gratisannya, disertai petunjuk cara menggunakannya. Setelah mencoba dan mengikuti petunjuknya, printer Epson L200 saya kembali bekerja dengan normal.
Saya hanya sekedar berbagi informasi ini, saya tidak jelaskan lebih lanjut cara mereset ink pads counter ini, tapi saya berikan saja linknya pada salah satu blog yang membahasnya. Penjelasannya cukup mudah dimengerti dan diikuti. Silakan anda lihat disini : http://warnetmaha.blogspot.com/2012/03/reseter-ewpson-l-200.html.

2 komentar:

  1. terimakasih gan...
    baru aja sy ngalami hal yg sama...
    terimakasih juga utk admin http://warnetmaha.blogspot.com/2012/03/reseter-ewpson-l-200.html

    BalasHapus
  2. trima kasih banyak, sgt membantu.

    BalasHapus