Jumat, 08 Maret 2013

Membuat Halaman Kontak di CMS Wordpress

Tidak bisa dipungkiri, halaman kontak saat ini menjadi bagian penting dalam sebuah website. Halaman kontak dalam sebuah website pada dasarnya hanya sebuah media untuk mengirimkan pertanyaan atau kritik oleh si pembaca kepada pemilik atau pengelola website. Tapi saat ini sebagian besar website sudah dilengkapi dengan kolom komentar untuk berinteraksi dengan pemilik atau pengelola website. Namun demikian, sebuah website umumnya akan lebih dipercaya oleh search engine jika memiliki halaman kontak.
Bagi anda pengguna CMS Wordpress, membuat halaman kontak bukanlah hal yang sulit. Sudah tersedia plugin gratis yang bisa anda manfaatkan. Salah satunya yang akan saya jelaskan adalah plugin Contact Form 7. Berikut langkah-langkah membuat halaman kontak.


 Pertama-tama tentunya anda harus login terlebih dahulu untuk masuk ke dalam Dashboard website anda.

Klik pada menu Plugin untuk masuk pada halaman Plugin

Klik pada tombol Add New. Anda bisa mengklik tombol Add New yang ada di halaman Plugin atau yang ada dibawah menu Plugins (saya lingkari dengan warna merah). Setelah tombol Add New di klik, maka kita masuk pada halaman Install Plugins.

Kita akan melakukan pencarian Contact Form 7. Pada kotak pencarian ketikkan contact form 7 kemudian klik Search Plugins.

Cukup banyak plugin contact form yang tersedia, tapi kita hanya akan menggunakan Contact Form 7 yang merupakan salah satu yang paling banyak digunakan. Klik pada tombol Install Now untuk melakukan instalasi Contact Form 7 ke website anda.

Klik tombol OK.

Proses instalasi sedang berjalan. Tunggu hingga selesai.

Setelah instalasi selesai, klik pada tombol Active Plugin untuk mengaktivasi contact form anda.

Setelah diaktivasi, maka pada Dashboard anda akan terdapat satu menu tambahan yaitu Contact. Klik pada menu Contact ini untuk melihat mengatur setting halaman kontak anda.

Pada halaman Contact Form 7 ini terdapat daftar contact form yang baru anda buat yaitu Contact form 1. Selain itu juga terdapat kolom Shortcode. Kode dibawah kolom Shortcode inilah yang nantinya akan menampilkan kolom-kolom kontak di website anda. Untuk menggunakannya, copy terlebih dahulu kode ini. Selanjutnya kita akan membuat halaman (pages) baru. Klik pada menu Pages.

Klik Add New.

Berikan judul “Kontak Kami” atau “Hubungi Kami” atau apapun yang anda inginkan untuk mengenali halaman kontak ini. Kemudian paste-kan kode yang tadi anda copy dari menu Contact. Agar tampilan lebih menarik, berikan kata-kata yang anda inginkan dibagian atas sebelum kode. Misalnya “Anda bisa menghubungi kami dengan mengisi formulir kontak dibawah ini”.

Ini adalah contoh tampilan yang nantinya akan muncul di halaman website anda.
Tapi, belum selesai sampai disini. Masih ada beberapa langkah lagi yang perlu anda ketahui. Kita akan masuk kembali ke menu Contact di Dashboard anda. Klik pada tombol Contact tersebut.

Jika anda ingin membuat lebih dari satu Contact Form, anda dapat mengklik tombol Add New dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Selanjutnya anda akan mendapatkan Shortcode yang berbeda. Langkah selanjutnya copy dan paste-kan di halaman (Pages) yang anda inginkan, sama seperti petunjuk sebelumnya. Saya tidak menjelaskan secara detail untuk penambahan contact form ini, karena anda bisa membuatnya dengan mudah. Saya akan jelaskan bagian yang lebih penting.
Pada daftar (Title) contact form, arahkan mouse anda ke Contact form 1, dibawahnya akan muncul menu Edit dan Copy. Klik pada menu Edit.

Pada tampilan ini anda dapat melihat kode Contact Form anda, Anda diminta untuk meng-copy kode ini dan dipastekan ke halaman kontak anda, tapi tadi kita sudah melakukannya. Kita lanjutkan ke bagian berikutnya saja. Dibawahnya terdapat kotak Form dan di sebelah kanannya kotak Generate Tag. Saya akan menjelaskan kotak Form ini, sedangkan Generate Tag bisa kita abaikan.

Kode-kode yang terdapat pada kotak Form ini akan membentuk tampilan halaman kontak di website anda.
  • Your Name adalah nama user yang mengisi formulir kontak anda.
  • Your Email adalah alamat email user yang mengisi formulir kontak anda.
  • Subject adalah subject user yang mengisi formulir kontak anda.
  • Your Message adalah pesan yang ingin disampaikan kepada anda.
  • Send adalah tombol untuk mengirimkan pesan.
Tidak ada yang perlu kita ubah dari settingan ini. Kita lihat lagi pada tampilan halaman kontak anda.

Selanjutnya kita akan melihat dibagian bawahnya lagi yaitu pada Mail.

Pada bagian Mail, terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

  • Kotak To : To disini adalah alamat email tujuan pesan yang ditulis di halaman kontak oleh pembaca anda. Isikan email utama anda yang anda inginkan untuk menerima pesan. Secara default, tujuan email ini sudah terisi dengan email admin website anda.
  • Kotak From : berisi kode [your-name] <[your-email]> ini secara otomatis akan terisi oleh orang yang mengisi formulir kontak anda. Settingnya tidak perlu diubah.
  • Kotak Subject : berisi kode [your-subject]. Ini adalah subject yang diisi oleh orang yang mengisi formulir kontak anda. Settingnya tidak perlu diubah.
  • Kotak Message body : berisi pesan yang dikirimkan untuk anda. Settingnya tidak perlu diubah.

Yang lainnya bisa kita abaikan. Settingan di bagian Mail ini berfungsi untuk mengirimkan pesan pembaca ke alamat email anda, sehingga anda bisa mengetahui melalui email jika ada yang mengisi formulir kontak di website anda.

Kita masuk pada yang selanjutnya yaitu Mail (2). untuk menggunakan fitur Mail (2) ini, anda harus menandai / mencentang kotak Use mail (2), maka akan muncul tampilan berikut :

Tampilan ini sama dengan tampilan Mail diatas, tapi keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Jika Mail berfungsi memberitahu anda melalui email, maka Mail (2) berfungsi untuk memberitahukan si pengirim melalui emailnya pesan yang dimasukkan ke formulir kontak anda. Berikut akan saya jelaskan :
  • Kotak To : berisi alamat email si pengirim pesan. Settingnya tidak perlu diubah.
  • Kotak From : bagian ini yang perlu anda perhatikan, karena disini berisi alamat anda. Anda tidak harus mengisikan email anda, tapi bisa anda isikan alamat website anda. Misalnya JHLine.com.
  • Kotak Subject : berisi subject yang diisi oleh orang yang mengisi formulir kontak anda. Settingnya tidak perlu diubah.
  • Kotak Message body : berisi pesan si pengirim. Tapi karena ini akan di copy-kan alias dikirimkan kembali ke alamat email si pengirim, maka ada baiknya di bagian atas pada kotak ini anda tambahkan kata-kata ucapan terima kasih. Berikut contohnya.

 Demikianlah cara mudah membuat halaman kontak untuk website anda. Semoga bermanfaat dan tetap semangat.

3 komentar:

  1. Thanks broo....!! ternyata di wp lebih mudaah... apa-apa serba plugin.. hahaha :D

    BalasHapus
  2. mantaps kali infonnya terimakasih mas bro

    BalasHapus
  3. Sudah keliling dunia ternyata di negeri sendiri ada jawaban yang paling pas n simpel

    BalasHapus