Selasa, 12 Maret 2013

Mengaktifkan Grid View di WP e-Commerce

Sekitar seminggu yang lalu ketika sedang googling, saya menemukan informasi tentang cara membuat grid view di WP e-Commerce. Saya jadi teringat kira-kira setahun yang lalu, saya ingin membuat toko online dengan pasar internasional, saya mencoba menggunakan WP e-Commerce, tapi dengan versi yang gratisan.
Meskipun gratisan, fasilitas yang disediakan WP e-Commerce sangat lengkap dan cara pemakaiannya yang bisa saya katakan cukup mudah, meskipun diawal saya harus melakukan trial and error alias coba-coba.

Sayangnya karena gratisan, setting tampilan produk di browser hanya ada satu yang bisa digunakan yaitu default-nya saja, padahal seharusan ada tiga pilihan yaitu Default, List, dan Grid View. Untuk dapat menggunakan setting List dan Grid View, maka anda harus mengupgrade dengan versi berbayar.
Tampilan defaultnya sangat tidak menarik untuk saya gunakan. Untuk toko online, saya lebih menyukai tampilan Grid atau setidaknya List, tapi karena harga plugin ini cukup mahal untuk saya, maka saya coba mengutak-atik sendiri. Berkali-kali saya mencoba selalu gagal, hingga akhirnya saya menyerah dan sementara menggunakan setting defaultnya.

Jadi, karena mendapatkan informasi cara membuat grid view ini, saya pun mencoba kembali. Tidak sulit untuk mengikuti petunjuknya, tapi sayangnya, hasilnya gagal. Saya tidak tahu apakah kesalahan di versi Wordpress yang saya gunakan (di informasi tersebut dicoba untuk Wordpress 3.3.1, sedangkan saya gunakan Wordpress 3.5), atau versi WP e-Commercenya ( di informasi tersebut dicoba untuk WP e-Commerce versi 3.8.8.3, sedangkan saya gunakan WP e-Commerce 3.8.8) atau theme yang saya gunakan.

Tapi, berhubung saya kembali penasaran, maka saya coba cari informasi lainnya di internet tentang cara membuat Grid View di WP e-Commerce. Saya sempat menemukan beberapa petunjuk, namun cukup rumit untuk mengikuti petunjuknya, jadi saya abaikan.

Ada satu link dari hasil googling yang awalnya saya abaikan, karena itu tersedia di website Wordpress sendiri. Saya anggap itu pasti tidak berfungsi, karena WP e-Commerce mengharuskan upgrade (bayar) untuk mengaktifkan Grid View, jadi saya berpikir website resmi seperti Wordpress tidak mungkin menyediakan plugin tambahan yang gratisan untuk ini.

Karena sudah hampir menyerah, sayapun iseng membuka link di Wordpress ini. Saat membukanya, saya lihat plugin ini sepertinya masih baru, tapi sudah di download 6000-an kali, tapi yang memberikan rating baru tiga orang saja. Tampaknya tidak meyakinkan. Tapi, saya pikir tidak ada salahnya mencoba. Meskipun diberikan gratis, namun disediakan juga versi berbayar, untuk pengaturan tampilan yang jauh lebih baik. Plugin ini bernama WP e-Commerce Grid View.

Selesai mendownload, saya langsung menginstall plugin ini di toko online saya yang menggunakan WP e-Commerce. Lalu saya coba cek setting Presentation WP e-Commerce, ternyata, setting List dan Grid View langsung aktif. Ketika saya coba, keduanya berfungsi dengan baik. Meskpun tampilannya masih kurang rapi, tapi cukup berguna. Akhirnya setelah sekian lama, saya bisa juga menggunakan WP e-Commerce dengan tampilan Grid View. Jika anda ingin membeli untuk tampilan yang lebih baik, anda bisa membelinya hanya seharga $5 untuk single domain.

Anda ingin mendownload gratisannya, klik saja link berikut : http://wordpress.org/extend/plugins/wp-e-commerce-grid-view/

2 komentar: