Sabtu, 09 Maret 2013

Gratisan untuk Bisnis Online, Bisakah?

Modal kecil bahkan tanpa modal untuk berbisnis online. Itulah yang pertama kali saya dengar ketika mulai belajar bisnis online. Kita bisa memanfaatkan blog-blog gratisan seperti blogspot.com dan wordpress.com untuk menjalankan bisnis online. Mulailah dengan belajar membuat blog. Mungkinkah semuanya ini bisa dilakukan dengan cara gratisan ini.

Saya sudah mencoba cara gratisan seperti ini. Menggunakan blog gratisan, memasang iklan gratisan, mengumpulkan backlink gratisan, dan cara-cara lain yang serba gratisan. Hasil yang saya dapat adalah hampir tidak ada. Lalu saya mulai mencoba untuk mengeluarkan modal, tapi dengan perhitungan yang sangat hati-hati sekali. Saya mengeluarkan modal sekecil mungkin dan bisa dibilang mendekati gratis. Ini semua saya lakukan karena saat itu saya memang memiliki keterbatasan modal dan saya juga percaya, semua pasti bisa dilakukan dengan cara gratisan.

Sekian lama mencoba dan terus belajar, akhirnya saya menyadari, untuk sebuah bisnis apapun bentuknya, pasti memerlukan modal. Saya tetap percaya menjalankan dengan cara gratisan tetap bisa, tapi hasilnya terlalu kecil dan butuh waktu yang jauh lebih panjang dibandingkan jika mengeluarkan modal. Saya tidak katakan modal harus besar, karena uniknya bisnis online, dengan kreatifitas kita, kita bisa memperkecil modal tapi jangan berharap terlalu kecil.

Saya mempunyai contoh hitungan. Saya pernah menjalankan bisnis online yang mengeluarkan modal sekitar 200-300 ribuan sebulan. Dari bisnis ini, kemungkinan keuntungan yang bisa saya peroleh memang cukup besar, namun demikian saya masih pemula di bisnis ini. Setelah beberapa bulan, penghasilan saya masih terlalu kecil, tapi modal terus keluar. Saya pun terpaksa menghentikan sementara usaha saya. Lalu, saya mencoba berpikir kreatif. Adakah cara lain yang bisa saya lakukan? Akhirnya saya menemukannya. Saya bisa memperkecil hingga pengeluaran saya hanya sekitar 50-100 ribu per bulan, tapi hasil yang saya peroleh sangat maksimal.

Ada banyak cara untuk memperkecil modal ketika kita menjalankan bisnis online, tapi jangan terlalu banyak berharap keuntungan besar dari sesuatu yang serba gratisan. Sebagai pemula anda bisa belajar membuat blog-blog gratisan. Saya sendiri memiliki beberapa blog gratisan tapi itu bukan untuk menghasilkan uang, melainkan hanya sekedar berbagi informasi. Saya tidak mengatakan bahwa tanpa modal kita tidak bisa berbisnis online. Tapi, percayalah, semua pakar bisnis online mengatakan anda harus mengeluarkan modal. Jadi, jangan pernah takut mengeluarkan modal, tapi perkecillah modal dengan berpikir kreatif, anda pasti bisa.

0 komentar:

Posting Komentar