Kamis, 07 Maret 2013

Bisnis Online, Bisnis Cepat Kaya?

Anda yang tertarik dengan Bisnis Online atau Internet Marketing, mungkin sudah terbiasa melihat iklan-iklan atau website yang menunjukkan cara-cara mendapatkan penghasilan besar dari suatu bisnis online dengan modal kecil dan terkadang bisa didapatkan hanya dalam beberapa hari. Benarkah hal itu? Bagi anda yang masih baru bermain di dunia online, mungkin akan meragukannya, tapi juga ingin sekali untuk percaya, apalagi iklan/website tersebut menunjukkan bukti-bukti pembayaran yang sudah diterima.
Banyak yang tertarik dan percaya dengan iklan/website seperti ini, merekapun membeli produk yang ditawarkan baik itu dalam bentuk ebook ataupun video. Tapi akhirnya yang didapat adalah kekecewaan. Ternyata setelah membaca ataupun melihat video tersebut, ada tahapan yang tampak rumit yang harus dilakukan, ada modal yang harus dikeluarkan terlebih dahulu, ada kerugian yang harus ditanggung. Awalnya mungkin anda mengikuti petunjuk yang diberikan, tapi ternyata anda tidak mendapatkan hasil yang anda inginkan. Tidak salah jika banyak yang menganggap bisnis online seperti itu adalah penipuan.

Bisakah Bisnis Online Membuat Kaya?

Saya ketika diawal mengenal bisnis online, saya juga mengira ini adalah bisnis cepat kaya. Kerja mudah dan uang datang dengan cepat. Saya tertarik dengan iklan-iklan yang menampilkan cara cepat kaya ini. Tapi, setelah saya menjalaninya, saya hanya keluar modal dengan tanpa penghasilan. Selanjutnya saya menganggap bisnis ini penuh dengan penipuan.
Sayangnya, saya terus tertarik dengan bisnis online ini dan tidak meninggalkannya. Perlahan-lahan saya pun belajar, dan berhati-hati dengan tawaran cepat kaya, sekalipun itu disertai dengan bukti-bukti yang sangat meyakinkan. Dari pembelajaran saya, akhirnya saya menemukan bahwa bisnis online memang bisa membuat kaya, tapi tidak dalah waktu singkat. Ada proses, ada pengorbanan, ada kesabaran, ada ketekunan yang harus dilakukan.
Jangan dahulu anda yakin bisa kaya dalam waktu singkat. Semua internet marketer (para pemain internet marketing) mengakui mereka butuh waktu lama untuk bisa memperoleh penghasilan besar. Mereka belajar dan terus belajar hingga akhirnya menemukan trik-trik yang bisa memberikan penghasilan besar dalam waktu singkat. Tapi itu semua bukanlah sebuah proses yang berjalan dengan lancar begitu saja, ada saat-saat dimana mereka mengalami kegagalan, bahkan kecewa. Tetapi dari kegagalan mereka, mereka bangkit dan belajar lagi, terus mencoba, hingga akhirnya menemukan celah-celah yang bisa dimasuki untuk meraih keberhasilan.

Bisnis Online Modal Kecil

Banyak yang mengatakan bisnis online itu hanya memerlukan modal kecil. Itu benar, jika dibandingkan dengan bisnis offline. Misalnya saja anda membuka toko offline, tentunya anda membutuhkan ruangan untuk menempatkan barang-barang dagangan anda baik untuk anda menyewa tempat atau membelinya. Ada perijinan yang harus diurus, dan lain sebagainya. Anda bisa memperkirakan sendiri berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka sebuah toko offline.
Jika anda membuka toko online, anda tidak perlu menyewa atau membeli ruangan untuk toko anda. Di dunia online kita hanya perlu menyediakan hosting dan domain untuk menempatkan barang-barang jualan anda. Biaya yang anda keluarkan perbulannya bisa jadi kurang dari Ro.50.000,-. Bandingkan dengan sewa toko offline perbulan yang bisa mencapai jutaan.
Ini berarti bahwa bisnis online tetap membutuhkan modal, bukan bisnis tanpa modal. Bisakah melakukan bisnis online tanpa modal sama sekali? Saya percaya bisa, tapi sangat sulit sekali untuk dijalankan. Saya pernah membaca kisah-kisah orang yang sukses berbisnis online tanpa mengeluarkan modal, tapi itu sebuah perjalanan yang panjang sekali dan perlu kesabaran yang tinggi. Saat ini bisnis online sudah berkembang dengan pesat, sangat banyak pesaing, jika anda ingin melakukannya tanpa modal, silakan dicoba saja, tapi saya tidak menyarankan.
Yang terpenting disini adalah bukan bisnis tanpa modal, tapi bisnis dengan modal kecil. Jika anda menemukan trik-triknya, anda juga bisa menemukan cara memperkecil modal tapi tetap bisa berpenghasilan besar. Jangan takut mengeluarkan modal jika anda ingin serius berbisnis online, tapi juga berhati-hatilah dalam mengeluarkan modal. Belajarlah dan para internet marketer yang terpercaya, anda pasti bisa!

Kesabaran dan Ketekunan dalam Bisnis Online

Kesabaran dan ketekunan merupakan faktor penting dalam berbisnis online. Tadi saya sudah mengatakan bahwa bisnis online bukanlah bisnis cepat kaya. Perlu kesabaran dan ketekunan dalam menjalankannya. Tanpa kesabaran dan ketekunan, anda kemungkinan akan gagal. Kesabaran dan ketekunan anda pasti akan membuahkan hasil. Dan yang terpenting, teruslah belajar, temukan celah-celah yang bisa dimasuki.
Para pemain baru dalam dunia bisnis online, mungkin diawal akan sangat bersemangat sekali, tapi setelah beberapa waktu, ketika belum memperoleh penghasilan atau penghasilannya masih kecil, banyak yang merasa gagal dan akhirnya menyerah. Jika anda ingin terjun ke dalam bisnis online, jangan pernah takut gagal, kegagalan bisa membuat anda belajar menemukan celah-celah baru yang dapat dimasuki. Tetaplah bersemangat, bacalah kisah-kisah kegagalan dari orang-orang sukses, mereka bukan orang yang terus mendapatkan kelancaran, tapi mereka juga pernah gagal.

Selamat Berusaha dan Bekerja

0 komentar:

Posting Komentar