Senin, 10 Januari 2011

Harddisk Bunyi dan Tidak Terdeteksi

Pernahkah anda memasang harddisk IDE internal tambahan pada komputer anda, kemudian terdengar bunyi tek... tek... tek.. berulang-ulang pada harddisk? Selanjutnya harddisk menjadi tidak terdeteksi di BIOS anda? Mungkin anda langsung mengira harddisk tambahan ini mengalami kerusakan.


Itu juga anggapan awal saya ketika memasang harddisk tambahan di komputer saya. Bunyi tek... tek... tek.. seperti menandakan fisik harddisk yang mengalami kerusakan. Tapi ketika saya coba pasang di komputer lain, tidak ada masalah sama sekali. Bunyi tidak terdengar, dan harddisk bekerja dengan baik. Saya kembalikan lagi ke komputer saya, masalah kembali muncul.

Saya coba perhatikan, mungkin masalah di “jumper” yang mengakibatkan konflik dengan perangkat lain. Tetapi tidak ada masalah. Untuk beberapa waktu saya biarkan saja harddisk ini. Sampai beberapa hari kemudian saya iseng mencoba memasangnya lagi. Lho kok... berjalan normal tanpa ada masalah??? Saya penasaran, tapi saya belum menemukan jawabannya.

Beberapa hari berikutnya, ada harddisk lain lagi yang harus saya pasang ke komputer saya. Ternyata harddisk tambahan baru ini kembali berbunyi. Saya coba lepaskan kabel IDE dan power di harddisk yang pertama saya pasang, dan harddisk yang kedua ini saya pasangkan di pada kedua kabel ini, dan ternyata harddisk kedua berjalan dengan baik. Tampaknya masalah ada pada kabel IDE saya, begitu pikir saya. Saya coba ganti kabel untuk lokasi harddisk yang kedua, ternyata masalah kembali timbul.

Dugaan saya beralih ke kabel power supply. Saya coba menukar kabel ini, ternyata harddisk bekerja dengan baik. Bunyi menghilang dan harddisk dapat terdeteksi. Begitu saya kembalikan lagi ke kabel sebelumnya, masalah timbul lagi. Jadi masalahnya ada pada kabel power supply, sepertinya power yang masuk kurang mencukupi akibatnya harddisk berputar lambat dan terdengar bunyi ini.

Untungnya kabel power supply ini jumlahnya lebih dari satu sehingga saya cukup mengunakan kabel lainnya. Jadi jika anda mendengar bunyi harddisk ketika baru memasang, jangan salahkan dahulu harddisknya, coba saja tukar kabel power supplynya. Ini juga berlaku untuk perangkat lainnya seperti CD/DVD-ROM.

22 komentar:

  1. berkat mas hardisk saya kembali normal

    BalasHapus
  2. saya juga mengalaminya, mas. harddisk PC saya msih baru. pas pertama dipasang bunyi tek tek tek gitu terus gk kedetect di BIOS. Saya utak-atik aja termasuk menuker kabel sata n kabel power supply. masalahnya emang di power supply yg gk bisa mensuplai listrik dg baik k harddisk.

    BalasHapus
  3. Makasih mas
    power supply nya rupanya. kirain harus bli harddisk baru
    hehe

    BalasHapus
  4. Makasih mas atas innfonya, sayang aku tahunya baru sekarang, sudah dua hardist yg aku bongkar tak buat praktek gara2 bunyi tek-tek dan akhirnya harus masuk ke gudang. he..he..

    BalasHapus
  5. hardisk saya tek.. tek.. tek.., gagal detect n sampe sekarang masuk bengkel g keluar keluar sevis... hiks..

    PSU aman, buktinya saya oper oper ke piranti lain tak masalah walopun saya coba tambah loadnya...

    how with this case?

    BalasHapus
  6. You're my livesaver!!! Seriously. Saya ampe coba cara freezer itu karena liat beberapa artikel orang luar yang bilang itu working. HDD sama sekali gak berubah, tetep gak kebaca. Eh saya baca artikel ini! Powersupplynya ternyata! Saya sambungin HDD ex saya sama adaptor power supply, it's working! Alhamdulillah. God bless you the writer of this article! Gak perlu ke tempat servis recovery data yang berjuta-juta. Terima kasih sekali!

    BalasHapus
  7. gan gimana kalo di netbook terjadi hal yang seprti itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk notebook atau netbook memang tidak bisa memindahkah kabel. Tapi untuk memastikan apakah harddisk mengalami kerusakan anda bisa mencoba melepas harddisk dan memasangnya di notebook/netbook lain. Intinya, seringkali harddisk berbunyi bukan karena rusak, tapi karena power supply yang lemah sehingga tidak kuat untuk memutar harddisk, itu sebabnya harddisk jadi berbunyi.

      Hapus
  8. Numpang nanya Min,
    kalo permasalahanya pada laptop gimana ya?
    laptop ane Dell, tiba2 ngehange dan setelah dimatiin kemudian dihdupkan kembali seperti ada suara tek tek tek nya, kemudian muncul keterangan hardisk internal tidak terdeteksi, mhon penjelasan dan bantuanya gan...
    terimakasih banyak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru baca, mungkin sudah terlambat, tapi saya coba jawab. Kasus seperti itu ada kemungkinan memang power supply yang sudah lemah. Hang terjadi karena tiba-tiba harddisk tidak terbaca karena power yang kurang dan ketika di restart berbunyi dan tidak terdeteksi. Cobalah pasang harddisk anda di laptop lain atau gunakan konverter untuk dibaca di PC sebagai harddisk eksternal. Ada kemungkinan harddisk anda akan terbaca dengan baik.

      Hapus
  9. kalau harddisk laptop gimana?? masalah nya sama nih,, please solusi ny??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk laptop memang agak ribet. Tapi coba buka harddisk anda lalu cek di PC/notebook lain dengan menggunakan kabel konverter. Jika harddisk bekerja dengan baik, ada kemungkinan masalah pada power supply notebook anda. Sayangnya power supply notebook biasanya terintegrasi dengan motherboard, sehingga ada baiknya anda bawa ke tempat servisnya.

      Hapus
  10. Sy baru beli hardisk, udah di colok leptop trus sy scan pake avast, tiba2 hardisknya bunyi trus nggak kebaca lagi di leptop. Sy cabut trus pasang lagi baru bisa kebaca. Itu kira2 knpa yaa?? Ada masalah apa tdk pada hardisk sy?? Trims ;)

    BalasHapus
  11. makasih mas, infonya kebetulan saya lagi ada masalah yg sama

    BalasHapus
  12. Thanks mas bro, hampir ngeluarin duit lagi ni... horor banget bunyinya

    BalasHapus
  13. makasih gan sangat membantu, harddisk saya tadi hampir ga kebaca setwlah tuker kabel jadi work lagi

    BalasHapus
  14. kalau hardisk laptop yang mengalami kasus seperti itu gimana ya cara memperbaikinya??, awalnya ane mau copy file dari hardisk laptop lama ke laptop baru memakai kabel ide sata converter, tapi kabelnya tiba-tiba konslet.

    BalasHapus
  15. Terima kasih Min... Infonya sangat bermanfaat, hampir saja saya buang tu hardisk setelah saya cek lagi kembali normal... thanks

    BalasHapus
  16. Kalau Bunyi Kretek Kretek Kenapa mas itu?

    BalasHapus