Senin, 18 Juni 2012

PC tidak Menyala, Debu Penyebabnya?


Pagi-pagi, saya baru saja tiba di kantor. Seorang user menghubungi saya, dia katakan komputernya tidak menyala. Saya coba analisa masalahnya melalui telepon, tapi sepertinya saya tidak menemukan penyebabnya. Sayapun mengecek langsung ke user, karena memang hanya beda lantai dengan ruangan saya.

Saya lihat power monitor menyala, begitupun dengan mouse optikal. Monitor yang digunakan mengambil power dari CPU-nya. Saya coba menekan tombol power CPU beberapa kali, sepertinya tidak ada tanda-tanda komputer menyala. Saya pegang casing-nya tidak ada getaran, bahkan suara putaran fan (kipas) juga tidak ada.

Saya pun membuka penutup casing dan lihat komputer ini cukup berdebu. Seingat saya komputer ini baru beberapa bulan yang lalu saya bersihkan. Cepat sekali kotornya, pikir saya. Saya kembali mencoba menyalakan komputer untuk melihat aktifitas di dalam casing. Saya lihat indikator motherboard menyala, tapi tetap tidak ada aktifitas. Tidak ada fan komputer yang menyala, termasuk fan prosesor.

Saya coba putar fan prosesor dengan tangan saya, karena saya pikir mungkin debu menghambatnya untuk berputar. Ternyata, fan cukup ringan untuk berputar. Ini berarti debu tidak mungkin menghalanginya berputar. Fan-fan yang lain juga cukup ringan berputar. Saya menduga permasalahan pada power supply, tapi ada keraguan karena monitor yang mengambil power dari CPU menyala, begitu juga dengan mouse optik maupun motherboard.

Tapi, karena kondisi komputer yang kotor, saya katakan saja kepada user, saya bawa dahulu ke ruangan saya untuk dibersihkan sekalian saya cari penyebab komputer tidak mau menyala. Selesai saya bersihkan, saya memasang komputer di ruang kerja saya dan mencoba menyalakannya. Hasilnya, komputer langsung menyala tanpa ada masalah apapun. Saat saya pasang kembali ke user, PC tetap bekerja dengan baik, bahkan sampai saya menuliskan kejadian ini. Timbul sedikit tanda tanya, apakah debu benar-benar bisa membuat komputer tidak berfungsi?

0 komentar:

Posting Komentar