Jumat, 15 Juni 2012

Komputer yang Bercanda


Seorang teman saya yang juga bekerja di bidang IT (bahkan kemampuan IT-nya bisa saya katakan berada diatas saya), menghadapi sebuah masalah ketika bermaksud meng-upgrade komputer adiknya. Ia mengganti motherboard, prosesor, memori dan power supply dengan kemampuan yang lebih tinggi. Semua sudah terpasang dengan baik. Ketika dinyalakan, komputer menyala selama beberapa detik, ini terlihat dari fan (kipas) komputer yang memang biasanya langsung berputar ketika tombol on di tekan. Tapi, beberapa detik kemudian komputer kembali mati (fan berhenti berputar). Anehnya beberapa detik kemudian fan berputar kembali dan beberapa detik berikutnya fan kembali berhenti.

Kejadian ini berlangsung berulang-ulang. Ia mencoba mengecek apakah ada kabel yang kendur, terutama dari power supply, tapi tidak ditemukan masalah apapun. Setelah mencoba berkali-kali akhirnya ia meminta bantuan saya untuk mengeceknya, siapa tahu saja saya bisa menemukan masalahnya.

Mendengar permasalahannya, yang pertama kali timbul dalam pikiran saya adalah kerusakan pada power supply. Meskipun masih baru, siapa tahu power supply tersebut memang bermasalah. Saya mencoba menggantinya dengan power supply milik saya yang saya pastikan tidak rusak. Ternyata permasalahan tetap sama. Saya juga mengecek power supply teman saya yang ternyata berfungsi dengan baik. Ini berarti permasalahan bukan pada power supply-nya.

Kemungkinan berikutnya adalah kabel-kabel yang mungkin saja tidak terpasang dengan baik. Saya cek ulang kabel-kabel ini, tampaknya tidak ada masalah. Teman saya sempat menduga permasalahan pada tombol powernya, meskipun ia ragu, karena tombol ini adalah tombol ….... yaitu tombol yang sekali tekan akan langsung menyala dan kembali seperti semula, begitu juga ketika ingin mematikan komputer. Dugaan ini sama dengan dugaan saya berikutnya, meskipun sama ragunya.

Saya mencoba menukar tombol power dengan tombol reset, tapi ternyata kondisi tetap sama. Kemungkinan terakhir adalah motherboard yang tidak mengalirkan power dengan sempurna, tapi bukankah fan komputer tidak melalui motherboard untuk menyala? Kasus kali ini benar-benar membingungkan.

Setelah berkali-kali mencoba dan tetap gagal, saya biarkan saja dahulu dan melakukan pekerjaan lain. Tapi beberapa menit kemudian, teman saya mencoba menyalakan kembali komputer tersebut. Anda tahu hasilnya? Komputer bekerja dengan sempurna. Tidak ada masalah apapun. Komputer berjalan dengan baik. Melihat kejadian ini saya dan teman saya hanya bisa tertawa saja.

Rupanya komputer juga bisa mempermainkan kami. Selama beberapa jam teman saya dipusingkan oleh masalah komputer ini, ditambah satu jam lebih saya juga mencari masalahnya, ternyata selesai begitu saja. Itulah uniknya komputer.

Sampai hari saya menuliskan artikel ini, kejadian tersebut sudah berlangsung dua minggu lalu, dan sampai hari ini komputer tersebut tidak pernah mengalami masalah apapun. Dugaan saya adalah adanya kabel power yang kendur, dan mungkin setelah beberapa di kutak-katik, kabel tersebut kencang dengan sendirinya. Anda pernah mengalami masalah yang sama?

1 komentar: